kenapa petasan dilarang ?

banyak sekali sekarang terdapat larangan-larangan disana-sini, dan ada yang punya alasan jelas tapi lebih banyak lagi yang aneh dan sekedar menampakkan kekuasaan yang punya larangan. saya sendiri kadang ngelarang orang-orang tanpa mikir konsekuensi lebh lanjutnya.
kalo dilarang buang sampah n ngerokok sembarangan kan udeh jamak, sekarang muncul lagi larangan ngemis, larangan ngasih pengemis, larangan macem-macem yang -anehnya- dibuat oleh orang yang -keliatannya- pinter. saya malah punya keyakinan aturan larangan yang mereka buat hanyalah sebuah pengejawantahan trauma hidup dari kecil yang sering dilarang-larang oleh orang disekelilingnya.
dan sekarang di bulan puasa ini salah satu larangan yang aneh -bagi saya- adalah larangan maen petasan, ampun sekali kan? yg ngelarang tuh pasti gak pernah ngerasain dahsyatnya perasaan saat maen kembang api dan sejenisnya.
kenapa sih banyak orang yang lupa akan asiknya masa kecil dan masa lalu? toh yg ngebakar -petasan- dan yg ngedengerin dan ngeliatinnya, kecuali bagi yang sok ngerasa rese.
dan itu hanya salah satu contoh larangan2 aneh. coba aja liat sekeliling, denger dan rasakan banyaknya larangan yang bertebaran di sekitar kita yang hanya berdasarkan phobia akan sesuatu yg gak jelas.


About this entry