100 tahun kebangkitan nasional : bisa

saya tidak akan bicara sejarah, saya cuma terkesan dengan acara yang kompak ditayangkan di seluruh channel tipi di negeri ini, sampai-sampai televisi lokal pun di kapling untuk menyiarkan momentum yang katanya bersejarah ini.

awalnya saya males, tetapi akhirnya mencoba menekan tombol berwarna merah di remote control tipi, dan jreeeng, ternyata sodara-sodara tumben-tumbennya acara seremonial semacam itu bisa menarik mata, tubuh dan hati saya untuk tidak beranjak sampai akhir acara yang ada kembang apinya itu…

saya baru sadar arti bhinneka tunggal ika dalam arti sesungguhnya, saya terpana dan terkagum-kagum dengan ragam atraksi budaya dan unjuk kebolehan dari semua unsur itu.

dari tarian favorit saya dari masa ke masa : tari saman (aceh) , lalu ondel-ondel & tari ronggeng, reog ponorogo, sisingaan, tari janger, tarian dayak -walau agak aneh dengan iringan lagu paris barantai, kenapa gak tari manasai atau japin aja ya heheh protes – , padang bulan, angin mamiri dengan pentas baju bodonya, sampai tarian dari papua dengan lagu yamke rambe yamko yang konon seratus penarinya didatangkan dari pulau di ujung indonesia itu.

lalu show of force dari angkatan darat, angkatan laut, angkatan udara dan kepolisian sampai dengan para pendekar penca silat..

ah saya benar-benar terhibur, terharu, sekaligus malu🙂 , ternyata baru sadar juga kalo saya belom ngasi apa-apa dan belum berbuat apa-apa buat negeri ini -melankolis sekali ya –

saya berusaha menekan keingintahuan saya akan berapa besar biaya perhelatan akbar itu, dan berusaha menekan pertanyaan kenapa duit dari sewa staidon, kostum yang bejibun, kembang api yang terbakar dan honor panitia-nya gak disumbangin buat orang yang kebetulan gak bisa nonton dan gak punya tipi macam saya… saya berusaha menekan perasaan minor saya .. -walopun agak susah sih –

lalu ? ya indonesia itu masih ada, berbeda itu masih nyata, tapi satu pun harus di tata.

indonesia bisa ? -hilangkan tanda tanya – ubah menjadi : BISA !

* logo di comot dari sini


About this entry