survival

salah satu materi yang beruntung saya dapatkan saat nekat ikutan klub pencinta alam saat kuliah dulu adalah survival selain materi manajemen perjalanan.

inti materi ini sebenarnya sederhana, yaitu bertahan hidup di alam bebas dengan segala keterbatasan yang ada pada diri kita. dan seperti biasanya, sederhana di kata tapi kompleks di kenyataannya.

dan menariknya aplikasi dari survival sendiri tidak hanya saat muter-muter jauh dari peradaban, tapi lebih saat bertarung di peradaban yang terkenal sering tidak beradab itu.

untuk dapat bertahan, kita harus mampu mengukur kemampuan, bahkan lebih ke meningkatkan kemampuan bertahan kita, bertahan tentu bukan cuma untuk mundur, tapi bertahan untuk kemudian maju ke depan.

saya jadi teringat kalimat : seseorang yang terjatuh itu biasa, tapi seseorang yang terus bangkit setelah berkali-kali terjatuh, ini yang luar biasa ..

jadi, dimanapun kita bernafas, berjuanglah selalu, karena hidup ini sendiri merupakan ajang survival sebenarnya untuk survive. selalu ada jalan keluar dan jawaban untuk tiap pertanyaan 🙂

* pettern of survival di kopi dari sini.


About this entry